PERTIMBANGKAN INI SEBELUM MEMELIHARA HEWAN - MantriHewan l Seputar Dunia Hewan
Headlines News :
Home » » PERTIMBANGKAN INI SEBELUM MEMELIHARA HEWAN

PERTIMBANGKAN INI SEBELUM MEMELIHARA HEWAN

Written By Kepripolitik on Senin, 21 Maret 2011 | 05.10


Sore ini, aku dapat chatting di FBku dari sodaraku Beny yang saat ini bekerja di Depok Jakarta. Dia bertanya "Bagaimana Perawatan untuk Anjing Scottish terrier ya??".
seketika itu aku teringat kuliah yang diberikan dosenku tentang Ilmu Perawatan Hewan dan Manajemen Hewan Kesayangan. Sebenarnya sebelum kita merawat atau mengadopsi hewan peliharaan perlu di pertimbangan beberapa hal berikut :
1. Apa Tujuan dari memelihara hewan?
Kita ambil contoh mau memelihara Anjing. Kalau Tujuan kita untuk penjaga rumah maka pilihlah hewan2 yang memiliki performa tangguh dan merupakan anjing penjaga seperti Bull Dog. Seandainya tujuannya untuk memelihara anjing untuk kesenangan dan bisa di ajak bermain maka Scottish Terrier dapat menjadi pilihan.
2. Seberapa bajet/keuangan kita untuk memelihara hewan?
Ketika kita memutuskan untuk memelihara hewan tentu pertimbangan biaya utk perawatan, pakan, vaksin dan pengobatan jika hewan sakit merupakan hal mutlak yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan hewan. kita ambil contoh, Perawatan utk Anjing berjenis Short Hair perawatannya jauh lebih murah dibandingkan Anjing Long Hair.
3. Sudah siapkah dgn kosekuensi dari memelihara hewan?
Hewan sama seperti manusia yang membutuhkan kasih sayang dan perhatian. jadi ketika kita mau memelihara hewan maka setidaknya kita harus menyisihkan waktu untuk itu. misalnya waktu utk memberi makan,waktu utk membersihkan kandang atau waktu mengajak hewan anda jalan2.
Jadi minimal 3 hal di atas harus menjadi pertimbangan pendahuluan sebelum kita benar2 memutuskan mengadopsi hewan peliharaan. semoga bermanfaat.
Share this article :

1 komentar:

pet supermarket mengatakan...

wah mantab masbro, kebetulan saya lagi pengen pelihara kelinci, buat dimakan, eh diambil dagingnya.....
==================
zymox otic pet ear treatment

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MantriHewan l Seputar Dunia Hewan - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger